Sabtu, 23 Maret 2013

MULTIMEDIA DAN PENDIDIKAN


Multimedia tidak hanya membawa dampak positif terhadap suatu kegiatan komersial namun pada abad ini multimedia juga sangat memberi dampak yang besar terhadap dunia pendidikan. Saat ini multimedia sudah semakin marak digunakan sebagai media bahan ajar yang mendukung guru dalam menyampaikan pesan kepada siswa. sebenarnya dalam pendidikan, multimedia sudah lama digunakan, sebelum adanya pengenalan komputer di sekolah. Pada masa itu kebanyakan multimedia yang digunakan adalah multimedia berupa pita kaset, televisi, proyektor slide, dan proyektor film. Namun, semakin lama komputer mengambil alih peranan yang dimainkan oleh alat-alat tersebut. Dengan segala kemudahan yang ada dalam fasilitas komputer, kini orang dapat membuat multimedia dengan menggabungkan teks, grafik, audio, video dan animasi dalam satu kemasan multimedia.
Adanya multimedia pembelajaran interaktif (MPI) dapat membantu guru untuk mendesain pembelajaran secara kreatif. Dengan desain pembelajarn yang kreatif maka diharpkan proses pembelajaran menjadi inovatif, menarik, lebih interatif, lebih efektif, kualitas belajar belajar siswa dapat ditingkatkan, proses belajar mengajar dapat dilakukan dimana saja dan kapan saja, dan sikap dan minat belajar belajar siswa dapat ditingkatkan.
Multimedia biasanya direkam dan diputar, ditampilkan atau diakses oleh isi informasi pemrosesan perangkat, seperti perangkat komputer dan elektronik, tetapi juga dapat menjadi bagian dari secara live. Multimedia (Sebagai kata sifat) juga menjelaskan media elektronik perangkat yang digunakan untuk menyimpan dan pengalaman konten multimedia. Multimedia dibedakan dari campuran media di seni halus; Oleh termasuk audio, misalnya, ia memiliki lingkup lebih luas. Istilah "media yang kaya" adalah sinonim untuk multimedia interaktif. Hypermedia dapat dianggap sebagai salah satu aplikasi multimedia tertentu.

Jenis – jenis multimedia berdasarkan kegunaannya multimedia pembelajaran ada 2 macam yaitu:
1.      Multimedia presentasi pembelajaran . Multimedia presentasi pembelajaran adalah alat bantu guru dalam proses pembelajaran dikelas dan tidak menggantikan guru secara keseluruhan. Contohnya Microsoft Power Point. 
2.      Multimedia pembelajaran mandiri. Multimedia pembelajaran mandiri adalah sofware pembalajaran yang dapat dimanfaatkan oleh siswa secara mandiri tanpa bantuan guru. Multimedia pembelajaran mandiri harus dapat memadukan explicit knowledge dan tacit knowledge , mengandung fitur assemen untuk latihan,ujian dan simulasi termasuk tahapan pemecahan masalah.Contohnya Macromedia Authorware atau Adobe Flash.

Barangkali dunia pendidikan adalah dunia yang paling membutuhkan teknologi ini. Sistem pendidikan CBSA (Cara Belajar Siswa Aktif) mungkin akan mencapai sasarannya dengan menggunakan teknologi ini. Para siswa dapat langsung melihat dan mendengar tentang hal-hal yang dipelajarinya. Sebagai contoh, seorang siswa membuka aplikasi multimedia sejarah. Dalam aplikasi tersebut siswa dapat memilih periode dan subjek yang akan dipelajari, kemudian dilayar tampilan akan hadir teks subjek disertai gambar, suara bahkan gambar hidup dari subjek yang dipelajari. Perhatian siswa akan lebih terpusat dan rasa ingin tahunya akan lebih terpancing untuk mempelajari hal-hal lain karena merasa tertarik akan media penyajiannya.
Anak-anak usia pra-sekolah dan TK (Taman Kanak-kanak) pun akan mendapat keuntungan dari teknologi ini. Pada usia ini anak lebih tertarik kepada gambar dan suara. Dengan bimbingan guru dan orang tua mereka dapat “menjelajahi” lebih luas dan imajinasi merekapun akan lebih berkembang. Singkat kata teknologi multimedia dapat memberikan arti baru bagi dunia pendidikan.
Berikut ini adalah kelebihan-kelebihan yang dimiliki teknologi multimedia untuk menjadi alat bantu pilihan bagi kegiatan belajar-mengajar:
a)                  Multimedia membuat pelajar mengerti isi pelajaran
b)                  Multimedia membuat siswa mengingat dengan mudah tentang isi pelajaran
c)                  Multimedia menyampaikan isi pelajaran dengan canggih dan berkesan
d)                 Multimedia mampu menjadi sumber pengetahuan
e)                  Multimedia mampu mencari hubungan antara satu ilmu dengan ilmu lain
f)                   Multimedia mampu menunjukkan dunia sekitar yang kaya dengan ilmu pengetahuan
g)                  Multimedia kaya dengan berbagai aktivitas pembelajaran
h)                  Multimedia mampu menghibur selama proses pembelajaran
i)                    Multimedia membuat terjadinya interakti antara siswa dengan teknologi terkini
j)                    Multimedia memberi peluang kepada guru untuk mengubah kaidah pengajaran
k)                  Multimedia membuat proses belajar dan mengajar menjadi lebih menyenangkan

REFERENSI
http://kutubuku.web.id/2631/dampak-multimedia-terhadap-pendidikan-dan-pelatihan


1 komentar: