Multimedia tidak hanya
membawa dampak positif terhadap suatu kegiatan komersial namun pada abad ini
multimedia juga sangat memberi dampak yang besar terhadap dunia pendidikan. Saat
ini multimedia sudah semakin marak digunakan sebagai media bahan ajar yang
mendukung guru dalam menyampaikan pesan kepada siswa. sebenarnya dalam
pendidikan, multimedia sudah lama digunakan, sebelum adanya pengenalan komputer
di sekolah. Pada masa itu kebanyakan multimedia yang digunakan adalah
multimedia berupa pita kaset, televisi, proyektor slide, dan proyektor film.
Namun, semakin lama komputer mengambil alih peranan yang dimainkan oleh
alat-alat tersebut. Dengan segala kemudahan yang ada dalam fasilitas komputer,
kini orang dapat membuat multimedia dengan menggabungkan teks, grafik, audio,
video dan animasi dalam satu kemasan multimedia.
Adanya
multimedia pembelajaran interaktif (MPI) dapat membantu guru untuk mendesain
pembelajaran secara kreatif. Dengan desain pembelajarn yang kreatif maka
diharpkan proses pembelajaran menjadi inovatif, menarik, lebih interatif, lebih
efektif, kualitas belajar belajar siswa dapat ditingkatkan, proses belajar
mengajar dapat dilakukan dimana saja dan kapan saja, dan sikap dan minat
belajar belajar siswa dapat ditingkatkan.
Multimedia biasanya direkam dan diputar, ditampilkan atau diakses
oleh isi informasi pemrosesan perangkat, seperti perangkat komputer dan elektronik,
tetapi juga dapat menjadi bagian dari secara live. Multimedia (Sebagai kata
sifat) juga menjelaskan media elektronik perangkat
yang digunakan untuk menyimpan dan pengalaman konten multimedia. Multimedia
dibedakan dari campuran media di seni halus; Oleh termasuk audio, misalnya, ia memiliki lingkup lebih luas.
Istilah "media yang kaya" adalah sinonim untuk multimedia interaktif. Hypermedia dapat dianggap sebagai
salah satu aplikasi multimedia tertentu.
Jenis
– jenis multimedia berdasarkan kegunaannya multimedia pembelajaran ada 2 macam
yaitu:
1.
Multimedia presentasi pembelajaran .
Multimedia presentasi pembelajaran adalah alat bantu guru dalam proses
pembelajaran dikelas dan tidak menggantikan guru secara keseluruhan. Contohnya
Microsoft Power Point.
2.
Multimedia pembelajaran mandiri.
Multimedia pembelajaran mandiri adalah sofware pembalajaran yang dapat
dimanfaatkan oleh siswa secara mandiri tanpa bantuan guru. Multimedia
pembelajaran mandiri harus dapat memadukan explicit knowledge dan tacit
knowledge , mengandung fitur assemen untuk latihan,ujian dan simulasi termasuk
tahapan pemecahan masalah.Contohnya Macromedia Authorware atau Adobe Flash.
Barangkali
dunia pendidikan adalah dunia yang paling membutuhkan teknologi ini. Sistem
pendidikan CBSA (Cara Belajar Siswa Aktif) mungkin akan mencapai sasarannya
dengan menggunakan teknologi ini. Para siswa dapat langsung melihat dan
mendengar tentang hal-hal yang dipelajarinya. Sebagai contoh, seorang siswa
membuka aplikasi multimedia sejarah. Dalam aplikasi tersebut siswa dapat
memilih periode dan subjek yang akan dipelajari, kemudian dilayar tampilan akan
hadir teks subjek disertai gambar, suara bahkan gambar hidup dari subjek yang
dipelajari. Perhatian siswa akan lebih terpusat dan rasa ingin tahunya akan
lebih terpancing untuk mempelajari hal-hal lain karena merasa tertarik akan
media penyajiannya.
Anak-anak
usia pra-sekolah dan TK (Taman Kanak-kanak) pun akan mendapat keuntungan dari
teknologi ini. Pada usia ini anak lebih tertarik kepada gambar dan suara.
Dengan bimbingan guru dan orang tua mereka dapat “menjelajahi” lebih luas dan
imajinasi merekapun akan lebih berkembang. Singkat kata teknologi multimedia
dapat memberikan arti baru bagi dunia pendidikan.
Berikut
ini adalah kelebihan-kelebihan yang dimiliki teknologi multimedia untuk menjadi
alat bantu pilihan bagi kegiatan belajar-mengajar:
a)
Multimedia membuat pelajar mengerti isi pelajaran
b)
Multimedia membuat siswa mengingat dengan mudah
tentang isi pelajaran
c)
Multimedia menyampaikan isi pelajaran dengan canggih
dan berkesan
d)
Multimedia mampu menjadi sumber pengetahuan
e)
Multimedia mampu mencari hubungan antara satu ilmu
dengan ilmu lain
f)
Multimedia mampu menunjukkan dunia sekitar yang kaya
dengan ilmu pengetahuan
g)
Multimedia kaya dengan berbagai aktivitas
pembelajaran
h)
Multimedia mampu menghibur selama proses
pembelajaran
i)
Multimedia membuat terjadinya interakti antara siswa
dengan teknologi terkini
j)
Multimedia memberi peluang kepada guru untuk
mengubah kaidah pengajaran
k)
Multimedia membuat proses belajar dan mengajar
menjadi lebih menyenangkan
REFERENSI
http://kutubuku.web.id/2631/dampak-multimedia-terhadap-pendidikan-dan-pelatihan
Terima kasih atas informasinya, yuk kunjungi juga klik disini dan sini juga
BalasHapus