Jumat, 22 Maret 2013

DEFINISI MULTIMEDIA


DEFINISI MULTIMEDIA

            Multimedia sangatlah berperan penting dalam abad modern ini untuk memahami multimedia secara utuh kita mulai dari pendapat para ahli sebagai berikut :
1.                  Kombinasi dari paling sedikit dua media input atau output. Media ini dapat berupa audio (suara, musik), animasi, video, teks, grafik dan gambar (Turban dkk, 2002)
2.                  Alat yang dapat menciptakan presentasi yang dinamis dan interaktif yang mengkombinasikan teks, grafik, animasi, audio dan video (Robin dan Linda, 2001)
3.                  Multimedia dalam konteks komputer menurut Hofstetter (2001) adalah: pemanfaatan komputer untuk membuat dan menggabungkan teks, grafik, audio, video, dengan menggunakan tool yang memungkinkan pemakai berinteraksi, berkreasi, dan berkomunikasi.
4.                  Multimedia sebagai  perpaduan antara teks, grafik,  sound, animasi, dan video untuk menyampaikan pesan kepada publik (Wahono, 2007)
5.                  Multimedia merupakan kombinasi dari data text, audio, gambar, animasi, video, dan interaksi (Zeembry, 2008)
6.                  Multimedia (sebagai kata sifat) adalah media elektronik untuk menyimpan dan menampilkan data-data multimedia (Zeembry, 2008)

Berdasarkan pendapat-pendapat tersebut maka dapat disimpulkan bahwa multimedia merupakan perpaduan antara berbagai media (format file) yang berupa teks, gambar (vektor atau bitmap), grafik, sound, animasi, video, interaksi, dll. yang telah dikemas menjadi file digital (komputerisasi), digunakan untuk menyampaikan pesan kepada publik.

Mendefinisikan multimedia menurut etimologi (berdasarkan kamus / ensiklopedia) secara benar . Mendefinisikan multimedia menurut terminologi Teknologi Informasi dan Komunikasi (peristilahan di bidang komputer) secara tepat dan mendefinisikan Multimedia secara umum.

            Menurut ensiklopedia berbahasa Indonesia pengertian multimedia adalah penggunaan komputer untuk menyajikan dan menggabungkan teks, suara, gambar, animasi dan video dengan alat bantu (tool) dan koneksi (link) sehingga pengguna dapat bernavigasi, berinteraksi, berkarya dan berkomunikasi. Sedangkan Junaydixh menerangkan bahwa multimedia sebagai proses komunikasi interaktif berasaskan teknologi komputer yang menggabungkan penggunaan unsur-unsur media dalam persembahan informasi.
Menurut etimologi multimedia dapat diartikan sebagai penggunaan beberapa media yang berbeda untuk menggabungkan dan menyampaikan informasi dalam bentuk text, audio, grafik , animasi , dan video.
Sedangkan multimedia secara umum adalah diambil dari kata multi dan media. Multi berarti banyak dan media berarti media atau perantara. Multimedia adalah gabungan dari beberapa unsur yaitu teks, grafik, suara, video dan animasi yang menghasilkan presentasi yang menakjubkan. Dari pengertian di atas, maka dapat disimpulkan bahwa multimedia adalah sarana atau piranti komunikasi melalui lebih dari satu media komunikasi untuk menyampaikan informasi dengan menggunakan komputer yang dalam penyampainnya berupa teks, audio grafik, animasi dan video.Teknologi Informasi dan adalah itu sendiri adalah suatu teknologi yang digunakan untuk mengolah data untuk menghasilkan informasi. Teknologi informasi banyak berperan dalam bidang-bidang antara lain :
1.                  Bidang Pendidikan
2.                  Bidang Ekonomi
3.                  Bidang Pemerintahan

Ø    Manfaat Di Bidang Pendidikan
1.                  E-Learning, berkembangnya pendidikan terbuka dengan modus belajar jarak jauh (Distance Learning).
2.                  Sharing resource bersama antar lembaga pendidikan / latihan dalam sebuah jaringan.
3.                  E-Library, Perpustakaan Digital.
4.                  Penggunaan perangkat teknologi informasi interaktif, seperti CD-ROM Multimedia, dalam pendidikan secara bertahap menggantikan TV dan Video.

Ø    Manfaat Di Bidang Ekonomi
1.                  E-Banking, transaksi perbankan secara online.
2.                  E-Commerce, perdagangan menggunakan jaringan komunikasi internet.
3.                  Enterprice Resource Planning (ERP), aplikasi perangkat lunak yang mencakup sistem manajemen dalam perusahaan.

Ø    Manfaat Dalam Bidang Pemerintahan
E-government adalah penggunaan teknologi informasi yang dapat meningkatkan hubungan antara pemerintah dan pihak-pihak lain. Penggunaan teknologi informasi ini kemudian menghasilkan hubungan bentuk baru seperti:
1.                  G2C (Governmet to Citizen)
2.                  G2B (Government to Business)
3.                  G2G (Government to Government)

Dampak Perkembangan Tekhnologi Informasi
a)                  Dampak Positif :
1.                  Lebih cepat, pertukaran informasi lebih cepat hanya dalam hitungan detik.
2.                  Lebih efisien.
3.                  Lebih luas sebarannya, dapat mencakup seluruh penjuru dunia.
4.                  Lebih lama penyimpanannya, dapat disimpan dalam bentuk cd, flashdisk atau hardisk. Dan tidak menghabiskan tempat.
5.                  Hemat biaya, mengurangi penggunaan kertas dan jasa pengiriman dokumen.

b)                  Dampak Negatif :
1.                  Kesempatan Kerja Makin Sempit.
2.                  Berubahnya pola industrialisasi dunia.
3.                  Tekanan-tekanan ekonomi dari negara maju.
4.                  Penyalahgunaan seperti pornografi dan pembajakan.

REFERENSI
http://archigakiarataka.blogspot.com/2012/05/pengantar-multimedia-pengertian.html


2 komentar:

  1. Bahrul Rozak Developer adalah sebuah blog yang berisi berbagai macam tutorial pemrograman
    khususnya web development yang disajikan dengan bahasa yang sederhana dan mudah dipahami.
    Semoga bermanfaat dan terima kasih
    Lebih Lanjut? klik disini

    BalasHapus