Multimedia banyak dimanfaatkan di berbagai macam bidang
seperti : Hiburan(animasi), Game(trailer game), Pendidikan(media pengajaran),
Bisnis(presentasi, company profile), dan seterusnya.
Menurut Hofstetter (1998,p17), multimedia adalah
sebagai kombinasi antara grafik, teks, animasi, sound, dan video dalam suatu
pengisian yang dibentuk dan digunakan untuk kepentingan interaksi antara
pengguna dan komputer. Komputer yang mempunyai hardware berupaya untuk
melaksanakan pengisian multimedia atau banyak
sekali ditemukan dalam
multimedia.
Ø Komponen-komponen
multimedia
Menurut Hofstetter
(1996,pp18-22), yaitu :
1. Teks
Media
text merupakan media yang paling mudah disimpan, diedit, dan sedikit penggunaan
memori untuk menyimpannya.
Media
text ada beberapa jenis, yaitu:
a. Plain
Text
Plain Text merupakan jenis text yang
paling dasar, berbentuk kode ASCII. Plain text tidak terenkripsi maupun
informasi yang di-embed di dalamnya.
b. Rich
Format Text
Rich format text atau mungkin kita lebih
populer dengan rich text format (RTF) merupakan sekumpulan text yang telah
diformat. Karena telah diformat, RTF mampu menampilkan teks-teks dengan format
sederhana, seperti huruf tebal, huruf miring, paragraf, dan lain-lain.
c. Hyper
Text
Hyper text diperkenalkan oleh Ted Nelson
pada tahun 1965. Beberapa keunggulan hyper text:
1. bersifat
linking
dokumen satu mempunyai hubungan dengan
dokumen yang lain
2. non
linear
kita bisa berpindah-pindah dari halaman
satu ke halaman lain dengan sesuka hati.
Dua
contoh hyper text yang sangat populer saat ini:
1. HTML
Hyper text markup language, kegunaannya:
·
control tampilan web
·
mendukung link
·
mampu menambah object
2. XML
extensible markup language, kegunaannya:
·
sederhana dan terstruktur
·
cepat dan portable
·
mudah di-maintenance
2. Graphics
Graphics sering ditampilkan sebagai background
dari text untuk menciptakan sebuah frame-work untuk text tersebut. Grafik atau
gambar ini juga dapat berperan sebagai icon, dipadukan dengan text, menyajikan
pilihan untuk user. Graphic dibagi menjadi 4 bagian :
a. Bitmap
Adalah sebuah gambar yang disimpan
sebagai satuan dari pixel-pixel yang berupa susunan dari titik yang ada di
layar komputer. Untuk menampilkan gambar, komputer mengatur setiap titik di
layar sesuai dengan spesifikasi warna untuk bitmap tersebut.
b. Vector
Image
Disimpan sebagai persamaan matematika
yang disebut algoritma yang mendefinisikan kurva, garis, dan bentuk di dalam
gambar. Vector Image mempunyai dua keuntungan daripada bitmap. Pertama, vector
image dapat diukur. Yang artinya kita dapat menggunakan program graphic untuk
merubah ukuran dari gambar tanpa merubah kualitasnya. Kedua, karena vector
image biasanya memiliki file yang ukurannya lebih kecil dari bitmap, maka
vector dapat lebih cepat di download dari internet
c. Clipart
Clipart merupakan kategori yang termasuk
photograph, icon, animations, background tiles, buttons, and bullets. Biasanya
kita dapat menggunakan gambar clipart secara gratis tetapi pastikan anda
membaca license karena biasanya ada batasan-batasan yang berlaku.
d. Hyperpicture
Sifatnya sama seperti Hypertext, jadi
dapat membagi-bagi gambar. Ketika bagian-bagian dari gambar digunakan untuk
mengaktifkan event-event di multimedia, oleh karena itu biasa disebut dengan
Hyperpicture.
3. Sound
Beberapa
jenis audio diantaranya, yaitu :
a. Uncompressed
audio format,
merupakan jenis audio yang tidak mengalami suatu kompresi, sehingga suara
yang diperdengarkan mendekati suara aslinya. Contoh : WAV, AIFF, AU atau raw.
b. Compressed
audio format,
merupakan jenis kategori audio yang mengalami suatu kompresi, sehingga output
suara yang dipresentasikan sedikit berkurang kualitasnya, namun memiliki
keunggulan ukuran file yang cenderung lebih kecil.
Ada
empat tipe dari objek sound yang digunakan dalam produksi multimedia, yakni :
a. Waveform
Audio
Waveform audio seperti video digitizer
yang biasa digunakan untuk mengambil gambar pada kamera, waveform audio dapat
merekam semua suara yang kamu dengar, setiap suara mempunyai waveform seperti
frekuensi, amplitude, dan harmonic content. Waveform audio ini mengambil suara
dengan cara sampling waveform ini beribu-ribu kali dalam satu detik.
b. MIDI
Singkatan dari Music Instrument Digital
Interface. MIDI menyediakan sebuah cara yang sangat efisien dalam merekam
musik, termasuk dalam merekam waveform suara dimana membutuhkan tempat penyimpanan
yang besar, MIDI merekam informasi yang dibutuhkan untuk soundchip komputer
untuk memainkan musik.
c. Audio
CD
Dapat menyimpan suara berkualitas tinggi
sekitar 75 menit.
d. CD
Plus, CD Extra, Enhanced CD
CD Plus biasa dikenal sebagai CD Extra
atau Enhanced CD, CD Plus ini adalah sebuah CD musik yang dapat juga berfungsi
sebagai CD ROM, dengan data komputer termasuk di dalam CD ini.
e. MP3
MP3 singkatan dari MPEG audio layer 3.
Ini adalah sebuah file audio yang menggunakan MPEG audio codec untuk mengencode
dan mendecode musik rekaman. MP3 dapat mengkompres sebuah CD audio ke dalam
file yang lebih kecil ukurannya tanpa mengurangi kualitas dari sound track
tersebut.
c. Video
video merupakan teknologi untuk menangkap,
merekam, memproses, mentransmisikan ulang gambar bergerak. Komponen video
terdiri dari:
a. Frames per second : merupakan jumlah
frame per detik. Semakin banyak jumlah frame per detik, maka kualitas videonya
akan lebih bagus. FPS yang menyebabkan terjadinya perubahan pada video,
pergerakan yang terlihat.
b. Aspek Ratio : merupakan perbandingan
lebar dan tinggi. Tinggi gambar digunakan untuk tentukan jarak pandang, setiap
detail gambar ditampilkan dalam pixel.
c. Resolusi : jumlah pixel yang
digunakan, semakin besar resolusi yang digunakan, maka akan memberikan gambar
yang lebih tajam.
d. Bit Depth : merupakan ukuran pixel
untuk menghasilkan warna, semakin tinggi depth yang digunakan, warna yang
dihasilkan akan lebih tajam.
e. Bit Rate : suatu ukuran kecepatan
bit suatu data dari suatu tempat ke tempat lain, diukur dengan Kbps dst.
Semakin besar bit rate nya semakin halus gambar yang akan dihasilkan.
Dalam pembuatan video menggunakan 2
teknik:
a. Interlaced : metode untuk
menampilkan gambar seperti pada televisi analog, yang ditampilkan secara
bergantian antara garis ganjil dan genap secara tepat untuk setiap framenya.
Refresh rate 50-80Hz.
b. Progressive : metode untuk
menampilkan, menyimpan, dan memancarkan gambar dimana setiap baris untuk tiap
frame digambar secara berurutan. Biasanya digunakan pada CRT monitor komputer,
LCD TV dll.
Teknologi Pertelevisian:
a. PAL adalah enconding berwarna yg
digunakan dalam televisi broadcast, digunakan untuk garis alternasi fase. PAL
terdiri dari 625 baris dan ditayangkan sebanyak 25 frame dalam satu detik
(fps). 50 Hz refresh rate. Biasanya digunakan di bagian Eropa barat. Format
YUV.
b. SECAM banyak digunakan di Prancis, Rusia
dan Eropa timur. Berdasarkan frekuensi modulasi dengan 25Hz refresh rate dan
625 baris.
c. NTSC membagi 25 baris per frame dan
sebanyak 30 frame dalam satu detiknya atau 29,97 frame per detik (fps). 525
baris dan 60 Hz refresh rate, digunakan di Amerika, Korea, Jepang dll.
Menggunakan format YIQ.
d. HDTV standar televisi baru dengan gambar
lebih lebar, lebih jernih dan suara kualitas CD Audio. Aspek ratio 16:9.
Resolusi terdiri dari 1125 baris (1080 baris aktif.
Perbedaan mendasar dari standar
diatas adalah jumlah garis horizontal dalam gambar video, frame ratenya, jumlah
bandwith yang digunakan, apakah menggunakan sinyal AM atau FM untuk audio
videonya. Beberapa
format video :
a. MOV : dibuat oleh apple, bersifat
lintas platform, digunakan transmisi data di internet, track audio, video,
images, text terpisah.
b. MPEG : file terkompresi lossy, pada
umumnya beresolusi 352×240, MPEG1 support interlaced dan MPEG2 support
progressive, MPEG2 digunakan untuk HDTV dan DVD.
c. DIVX : codec diciptakan oleh
DivX Inc. File relatif kecil karena menggunakan MPEG4 part 2 compression.
d. WMV : code milik Microsoft yang
berbasis pada MPEG4 part 2, gabungan dari AVI dan WMA yang terkompres. Dapat
berekstensi wmv, avi, atau asf
e. Software: QuickTime, Windows Media
Player, DivXPro, RealOne Player, GOM Player, K-Lite Codec Player, Power DVD dll
d. Animasi
Dalam
multimedia, animasi adalah yang digunakan komputer untuk membuat gerakan
dilayar. Ada 4 macam animasi :
a. Frame
Animation
Membuat
objek-objek bergerak dengan menampilkan seri dari gambar-gambar yang digambar
ulang, yang biasa disebut frame.
b. Vector
Animation
Sebuah
vektor adalah sebuah garis yang merupakan sebuah permulaan, sebuah tujuan, dan
panjang. Vektor animasi membuat objek-objek bergerak dengan memvariasikan tiga
parameter tersebut untuk segmen-segmen garis yang mendefinisikan objek tersebut.
Macromedia adalah salah satu industri dalam software animasi yang berbasis
vektor, seperi Flash yang menggunakan grafik vektor untuk membuat animasi dan grafik
interaktif untuk membuat web.
c. Computational
Animation
Jika
kita ingin menggerakkan sebuah kata dilayar, ada 2 cara untuk hal itu, kita
dapat membuat seri dari frame-frame yang memperlihatkan kata tersebut bergerak pada layar. Yang kedua kita
menggerakkan kata tersebut secara sederhana dengan memvariasikan koordinat x
dan y mereka.
d. Morphing
Merupakan suatu transisi dari suatu bentuk ke bentuk
yang lainnya dengan menampilkan seri dari frame-frame yang membuat suatu
gerakan yang halus.
REFERENSI
http://library.binus.ac.id/eColls/eThesis/Bab2/LBM@006-331-Bab%202.pdf
http://pandakris.blogspot.com/2011/09/konsep-dasar-multimedia.html
http://daudxin.blogspot.com/2011/09/konsep-dasar-multimedia.html
http://eprints.undip.ac.id/19201/1/Multi_pert1.pdf
http://cnoeng.blogspot.com/2013/03/konsep-dasar-multimedia.html
http://kusdanar.wordpress.com/2013/03/17/konsep-dasar-multimedia/
Good atticle, yuk kunjungi juga klik disini dan sini juga
BalasHapus