Jumat, 22 Maret 2013

KONSEP DASAR MULTIMEDIA


Multimedia banyak dimanfaatkan di berbagai macam bidang seperti : Hiburan(animasi), Game(trailer game), Pendidikan(media pengajaran), Bisnis(presentasi, company profile), dan seterusnya.
Menurut Hofstetter (1998,p17), multimedia adalah sebagai kombinasi antara grafik, teks, animasi, sound, dan video dalam suatu pengisian yang dibentuk dan digunakan untuk kepentingan interaksi antara pengguna dan komputer. Komputer yang mempunyai hardware berupaya untuk melaksanakan pengisian multimedia atau banyak
sekali ditemukan dalam multimedia.
Ø  Komponen-komponen multimedia 
Menurut Hofstetter (1996,pp18-22), yaitu :
1.      Teks
Media text merupakan media yang paling mudah disimpan, diedit, dan sedikit penggunaan memori untuk menyimpannya.
Media text ada beberapa jenis, yaitu:
a.       Plain Text
Plain Text merupakan jenis text yang paling dasar, berbentuk kode ASCII. Plain text tidak terenkripsi maupun informasi yang di-embed di dalamnya.
b.      Rich Format Text
Rich format text atau mungkin kita lebih populer dengan rich text format (RTF) merupakan sekumpulan text yang telah diformat. Karena telah diformat, RTF mampu menampilkan teks-teks dengan format sederhana, seperti huruf tebal, huruf miring, paragraf, dan lain-lain.
c.       Hyper Text
Hyper text diperkenalkan oleh Ted Nelson pada tahun 1965. Beberapa keunggulan hyper text:
1.      bersifat linking
dokumen satu mempunyai hubungan dengan dokumen yang lain
2.      non linear
kita bisa berpindah-pindah dari halaman satu ke halaman lain dengan sesuka hati.
Dua contoh hyper text yang sangat populer saat ini:
1.      HTML
Hyper text markup language, kegunaannya:
·         control tampilan web
·         mendukung link
·         mampu menambah object
2.      XML
extensible markup language, kegunaannya:
·         sederhana dan terstruktur
·         cepat dan portable
·         mudah di-maintenance
2.      Graphics 
 Graphics sering ditampilkan sebagai background dari text untuk menciptakan sebuah frame-work untuk text tersebut. Grafik atau gambar ini juga dapat berperan sebagai icon, dipadukan dengan text, menyajikan pilihan untuk user. Graphic dibagi menjadi 4 bagian :
a.       Bitmap
Adalah sebuah gambar yang disimpan sebagai satuan dari pixel-pixel yang berupa susunan dari titik yang ada di layar komputer. Untuk menampilkan gambar, komputer mengatur setiap titik di layar sesuai dengan spesifikasi warna untuk bitmap tersebut.
b.      Vector Image
Disimpan sebagai persamaan matematika yang disebut algoritma yang mendefinisikan kurva, garis, dan bentuk di dalam gambar. Vector Image mempunyai dua keuntungan daripada bitmap. Pertama, vector image dapat diukur. Yang artinya kita dapat menggunakan program graphic untuk merubah ukuran dari gambar tanpa merubah kualitasnya. Kedua, karena vector image biasanya memiliki file yang ukurannya lebih kecil dari bitmap, maka vector dapat lebih cepat di download dari internet
c.       Clipart
Clipart merupakan kategori yang termasuk photograph, icon, animations, background tiles, buttons, and bullets. Biasanya kita dapat menggunakan gambar clipart secara gratis tetapi pastikan anda membaca license karena biasanya ada batasan-batasan yang berlaku.
d.      Hyperpicture
Sifatnya sama seperti Hypertext, jadi dapat membagi-bagi gambar. Ketika bagian-bagian dari gambar digunakan untuk mengaktifkan event-event di multimedia, oleh karena itu biasa disebut dengan Hyperpicture.
3.      Sound
Beberapa jenis audio diantaranya, yaitu :
a.       Uncompressed audio format, merupakan jenis  audio yang tidak mengalami suatu kompresi, sehingga suara yang diperdengarkan mendekati suara aslinya. Contoh : WAV, AIFF, AU atau raw.
b.      Compressed audio format, merupakan jenis kategori audio yang mengalami suatu kompresi, sehingga output suara yang dipresentasikan sedikit berkurang kualitasnya, namun memiliki keunggulan ukuran file yang cenderung lebih kecil.
Ada empat tipe dari objek sound yang digunakan dalam produksi multimedia, yakni :
a.       Waveform Audio
Waveform audio seperti video digitizer yang biasa digunakan untuk mengambil gambar pada kamera, waveform audio dapat merekam semua suara yang kamu dengar, setiap suara mempunyai waveform seperti frekuensi, amplitude, dan harmonic content. Waveform audio ini mengambil suara dengan cara sampling waveform ini beribu-ribu kali dalam satu detik. 
b.      MIDI
Singkatan dari Music Instrument Digital Interface. MIDI menyediakan sebuah cara yang sangat efisien dalam merekam musik, termasuk dalam merekam waveform suara dimana membutuhkan tempat penyimpanan yang besar, MIDI merekam informasi yang dibutuhkan untuk soundchip komputer untuk memainkan musik.
c.       Audio CD 
Dapat menyimpan suara berkualitas tinggi sekitar 75 menit.
d.      CD Plus, CD Extra, Enhanced CD
CD Plus biasa dikenal sebagai CD Extra atau Enhanced CD, CD Plus ini adalah sebuah CD musik yang dapat juga berfungsi sebagai CD ROM, dengan data komputer termasuk di dalam CD ini.
e.       MP3
MP3 singkatan dari MPEG audio layer 3. Ini adalah sebuah file audio yang menggunakan MPEG audio codec untuk mengencode dan mendecode musik rekaman. MP3 dapat mengkompres sebuah CD audio ke dalam file yang lebih kecil ukurannya tanpa mengurangi kualitas dari sound track tersebut.
c.       Video
video merupakan teknologi untuk menangkap, merekam, memproses, mentransmisikan ulang gambar bergerak. Komponen video terdiri dari:
a.       Frames per second : merupakan jumlah frame per detik. Semakin banyak jumlah frame per detik, maka kualitas videonya akan lebih bagus. FPS yang menyebabkan terjadinya perubahan pada video, pergerakan yang terlihat.
b.      Aspek Ratio : merupakan perbandingan lebar dan tinggi. Tinggi gambar digunakan untuk tentukan jarak pandang, setiap detail gambar ditampilkan dalam pixel.
c.       Resolusi : jumlah pixel yang digunakan, semakin besar resolusi yang digunakan, maka akan memberikan gambar yang lebih tajam.
d.      Bit Depth : merupakan ukuran pixel untuk menghasilkan warna, semakin tinggi depth yang digunakan, warna yang dihasilkan akan lebih tajam.
e.       Bit Rate : suatu ukuran kecepatan bit suatu data dari suatu tempat ke tempat lain, diukur dengan Kbps dst. Semakin besar bit rate nya semakin halus gambar yang akan dihasilkan.
Dalam pembuatan video menggunakan 2 teknik:
a.       Interlaced : metode untuk menampilkan gambar seperti pada televisi analog, yang ditampilkan secara bergantian antara garis ganjil dan genap secara tepat untuk setiap framenya. Refresh rate 50-80Hz.
b.      Progressive : metode untuk menampilkan, menyimpan, dan memancarkan gambar dimana setiap baris untuk tiap frame digambar secara berurutan. Biasanya digunakan pada CRT monitor komputer, LCD TV dll.
Teknologi Pertelevisian:
a.       PAL adalah enconding berwarna yg digunakan dalam televisi broadcast, digunakan untuk garis alternasi fase. PAL terdiri dari 625 baris dan ditayangkan sebanyak 25 frame dalam satu detik (fps). 50 Hz refresh rate. Biasanya digunakan di bagian Eropa barat. Format YUV.
b.      SECAM banyak digunakan di Prancis, Rusia dan Eropa timur. Berdasarkan frekuensi modulasi dengan 25Hz refresh rate dan 625 baris.
c.       NTSC membagi 25 baris per frame dan sebanyak 30 frame dalam satu detiknya atau 29,97 frame per detik (fps). 525 baris dan 60 Hz refresh rate, digunakan di Amerika, Korea, Jepang dll. Menggunakan format YIQ.
d.      HDTV standar televisi baru dengan gambar lebih lebar, lebih jernih dan suara kualitas CD Audio. Aspek ratio 16:9. Resolusi terdiri dari 1125 baris (1080 baris aktif.
Perbedaan mendasar dari standar diatas adalah jumlah garis horizontal dalam gambar video, frame ratenya, jumlah bandwith yang digunakan, apakah menggunakan sinyal AM atau FM untuk audio videonya. Beberapa format video :
a.       MOV : dibuat oleh apple, bersifat lintas platform, digunakan transmisi data di internet, track audio, video, images, text  terpisah.
b.      MPEG : file terkompresi lossy, pada umumnya beresolusi 352×240, MPEG1 support interlaced dan  MPEG2 support progressive, MPEG2 digunakan untuk HDTV dan DVD.
c.       DIVX : codec diciptakan oleh DivX  Inc. File relatif kecil karena menggunakan MPEG4 part 2 compression.
d.      WMV : code milik Microsoft yang berbasis pada MPEG4 part 2, gabungan dari AVI dan WMA yang terkompres. Dapat berekstensi wmv, avi, atau asf
e.       Software: QuickTime, Windows Media Player, DivXPro, RealOne Player, GOM Player, K-Lite Codec Player, Power DVD dll
d.      Animasi
Dalam multimedia, animasi adalah yang digunakan komputer untuk membuat gerakan dilayar. Ada 4 macam animasi :
a.       Frame Animation
Membuat objek-objek bergerak dengan menampilkan seri dari gambar-gambar yang digambar ulang, yang biasa disebut frame.
b.      Vector Animation
Sebuah vektor adalah sebuah garis yang merupakan sebuah permulaan, sebuah tujuan, dan panjang. Vektor animasi membuat objek-objek bergerak dengan memvariasikan tiga parameter tersebut untuk segmen-segmen garis yang mendefinisikan objek tersebut. Macromedia adalah salah satu industri dalam software animasi yang berbasis vektor, seperi Flash yang menggunakan grafik vektor untuk membuat animasi dan grafik interaktif untuk membuat web.
c.       Computational Animation
Jika kita ingin menggerakkan sebuah kata dilayar, ada 2 cara untuk hal itu, kita dapat membuat seri dari frame-frame yang memperlihatkan kata  tersebut bergerak pada layar. Yang kedua kita menggerakkan kata tersebut secara sederhana dengan memvariasikan koordinat x dan y mereka. 
d.      Morphing 
Merupakan suatu transisi dari suatu bentuk ke bentuk yang lainnya dengan menampilkan seri dari frame-frame yang membuat suatu gerakan yang halus.


REFERENSI 
http://library.binus.ac.id/eColls/eThesis/Bab2/LBM@006-331-Bab%202.pdf
http://pandakris.blogspot.com/2011/09/konsep-dasar-multimedia.html
http://daudxin.blogspot.com/2011/09/konsep-dasar-multimedia.html
http://eprints.undip.ac.id/19201/1/Multi_pert1.pdf
http://cnoeng.blogspot.com/2013/03/konsep-dasar-multimedia.html
http://kusdanar.wordpress.com/2013/03/17/konsep-dasar-multimedia/

1 komentar: