Kamis, 11 Oktober 2012

PENTINGNYA NILAI WAKTU DARI UANG DALAM FAKTOR BIAYA


Secara ekonomi, semua sesuatu yang ada di dunia ini tidak ada yang dapat diperoleh secara cuma–cuma tanpa adanya pengorbanan. Seperti hal untuk mendapatkan makan, pakaian, kendaraan, dan kebutuhan lain diperlukan adanya suatu pengorbanan ataupun biaya. Bahkan udara sekalipun bagi orang yang sakit dirumah sakit harus diperoleh dengan pengorbanan. Dengan kata lain untuk mendapatkan apa yang kita inginkan karena keterbatasan sumber atau penawaran maka diperlukan pengorbanan atau biaya.
Perusahaan yang memerlukan tambahan dana untuk pembiayaan investasi, perluasan kapasitas, pembelian bahan baku, pembayaran gaji kayawan dan kegiatan usaha lainnya harus mengeluarkan biaya yang sering disebut sebagai biaya modal. Seorang entrepreneur yang memiliki dana pribadi dalam jumlah yang sangat besar, akan memperhitungkan biaya modal atau tingkat keuntungan yang harus dihasilkan atas penggunaan dana tersebut, seperti halnya apabila ia harus meminjam dana dari pihak lain. Sebagai contoh ia meminjam dana dibank sebesar Rp. 10.000.000,- untuk jangka waktu satu tahun dengan bunga 20% per tahun. Maka pada akhir tahun ia harus membayar kembali kepada bank sebesar Rp. 12.000.000,- yang merupakan pembayaran pokok pinjaman dan bungannya. Dari contoh demikian, dapat dipetik kesimpulan bahwasa entrepreneur dan bank sama-sama menghargai uang Rp. 12.000.000,- satu tahun yang akan datang mempunyai nilai yang sama dengan uang Rp. 10.000.000,- pada tahun saat ini.
Dalam contoh lain, kalau sesorang akan diminta memilih untuk menerima uang Rp. 1.000.000,- saat ini ataukah pada tahun yang akan datang, dia tentu akan memilih untuk menerimanya pada saat ini. Hal demikian dikarenakan uang Rp. 1.000.000,- pada saat ini memiliki nilai yang lebih besar dibanding Rp. 1.000.000 ditahun akan datang. Oleh karena itu pemahaman konsep nilai waktu uang menjadi sangat penting.
Jadi kesimpulanya suatu pengelolaan proyek di bidang teknik tidak hanya mempertimbangkan keandalan peralatan tapi nilai waktu dari uang juga harus sangat diperhatikan. Karena pada akhirnya suatu kegiatan bisnis akan memperhitungkan biaya modal atau tingkat keuntungan yang harus dihasilkan atas penggunaan dana tersebut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar