Sabtu, 02 Juni 2012

INSINYUR PAHLAWAN MASA KINI


            Kode etik insinyur no 1 ialah jujur, terbuka dan tulus mendedikasikan kemampuan terbaiknya dalam upaya mewujudkan cita-cita kemerdekaan serta menegakkan kehormatan profesi keinsinyuran untuk meningkatkan keswadayaan srta penerapan ilmu pengetahuan dan teknologi oleh masyarakat.
            Dari tulisan di atas sudah sangat jelas bahwa seorang insinyur bisa jadi pahlawan dibidang teknologi di masa kini dengan mengaflikasikan inti sari yang di jelaskan di kode etik no 1, namun kenyataannya saat ini sangatlah lain. Di jaman sekarang banyak insinyur yang malah menjadi penghianat negara sendiri, opini seperti ini muncul karena beberapa hal, contoh bisa kita ambil dari sisi hal banyaknya bangunan umum yang tidak layak dan tidak sesuai dengan standar yang di pakai, dan bahkan ada oknum insinyur yang berkoalisi dengan koruptor  untuk memanipulasi suatu proyek pembangunan atau pengadaan yang lainnya. Sudah sangat jelas hal ini bertolak belakang dengan kode etik no 1 yaitu upaya mewujudkan cita-cita kemerdekaan. Dimana cita-cita kemerdekaan diantaranya yaitu mensejahterakan masyarakat.
            Musuh dalam selimut kata-kata ini bisa terasa sangat pas untuk kondisi yang kita rasakan di indonesia saat ini. Dari permasalahan ini maka sangatlah perlu bagi insinyur teknik mesin untuk memahami dan mengaflikasikan kode etik insinyur, jika ada 80% saja insinyur di indonesia mengaflikasikannya kemungkinan resiko adanya produk yang membahayakan dan merugikan masyarakat maupun negara akan menjadi suatu kenangan kemudian masa depan yang sangat menjanjikan kesejahteraan bagi masyarakat terasa sudah menjadi nyata. Pasti masyarakat akan lebih sejahtera dan negara menjadi lebih indah dan nyaman bagi warganya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar