Perencanaan kopling tetap jenis flens :
1. Daya yang akan ditransmisikan, P ( kW ) putaran poros penggerak,
( rpm )

2. faktor koreksi, ( fc ) Daya :
Daya yang akan ditransmisikan | fc |
Daya rata-rata yang diperlukan | 1,2 – 2,0 |
Daya maksimum yang diperlukan | 0,8 – 1,2 |
Daya normal | 1,0 – 1,5 |
3. Daya rencana, Pd ( kW )
Pd = fc x P
4. Momen rencana, T ( kg.mm )

5. Bahan poros
S 20 C

- Kekuatan tarik bahan poros, 

- Apakah ada tangga atau alur pasak
- Faktor keamanan,
dan


6. Tegangan geser poros yang diijinkan,
( kg/
)



7. Faktor koreksi untuk puntiran
, Faktor koreksi untuk lenturan ( Cb )

Faktor Pembebanan | ![]() |
Beban dikenakan secara halus | 1,0 |
Terjadi sedikit kejutan / tumbukan | 1,0 – 1,5 |
Beban dikenakan kejutan / tumbukan besar | 1,5 -3,0 |
Terjadi pembebanan lentur
Cb = 1.2 – 2.3

Tidak terjadi pembebanan lentur
Cb = 1.0

8. Diameter poros, ds ( mm )

9. Gaya Tangensial, F ( kg )

10. Diameter luar kopling flens, A ( mm )
Diameter naff ( bos ), C ( mm )
Panjang naff, L ( mm )
Diameter pusat baut, B ( mm )
Diameter baut, a ( mm )
Jumlah baut, n
Tabel Ukuran Kopling Flens :
ds Mak | ds Min | A | C | L | B | a | n | F kasar | F halus |
63 | 50 | 224 | 112 | 80 | 160 | 16 | 6 | 18 | 22,4 |
71 | 56 | 250 | 125 | 90 | 180 | 20 | 6 | 23,6 | 28 |
80 | 63 | 280 | 140 | 100 | 200 | 20 | 6 | 23,6 | 28 |
90 | 71 | 315 | 160 | 112 | 236 | 25 | 8 | 26,5 | 35,5 |
100 | 80 | 355 | 180 | 125 | 265 | 25 | 8 | 26,5 | 35,5 |
11. Nilai efektif baut, ne
= 0.5

Biasanya dalam perhitungan dianggap bahwa hanya 50% saja dari seluruh
baut yang berjumlah n buah menerima seluruh beban secara merata.
Jumlah baut efektif, ne :
ne = ε x n
12. Tegangan geser baut,
( kg/
)



13. Bahan baut
SS 41 B

- Kekuatan tarik bahan poros,
dari tabel


- Faktor keamanan,
= 5 - 6

- Faktor koreksi,
= 1,5 – 3

14. Tegangan geser baut yang diijinkan,
( kg/
)



15.
8


16
12 : 14
12
balik lanjut ke 16

12
tidak baik kembali ke 8

16. Bahan Flens
- Tebal flens, F ( mm )
dari tabel

- Kekuatan tarik bahan poros,
)
dari tabel


- Faktor keamana
= 5 - 6

- Faktor koreksi,
= 2 - 3

17. Tegangan geser yang diijinkan untuk flens,




18. Tegangan geser yang diijinkan untuk flens,




19.
15


20
20. Diameter luar kopling flens, A ( mm )
Diameter poros, ds ( mm )
Diameter baut, n ( mm )
Jumlah baut = ............?
Bahan flens =..............?
Tabel pemilihan bahan Baut dan Flens untuk kopling tetap
Jenis Bahan | Lambang | ![]() | |
Besi Cor Kelabu | FC-20 FC-25 FC-30 FC-35 | 20 25 30 35 | |
Baja Karbon Cor | SC-37 SC-42 SC-46 SC-49 | 37 42 46 49 | |
Baja Karbon Tempa | SF-50 SF-55 SF-60 | 50-60 55-65 60-70 | |
Jenis Bahan | Lambang | ![]() | |
Besi karbon untuk kontruksi mesin | S20C S30C S40C S45C | 40 50 60 70 | |
Baja Karbon untuk kontruksi biasa | SS41B SS50B | 40 50 | |
Baja Karbon difinish dingin | S20C-D S35C-D | 50 60 | |
Rumusnya gak begitu jelas ya...
BalasHapusRumusnya gak begitu jelas ya...
BalasHapushai mirna
BalasHapusgambarnya jg g ada gan?
BalasHapusanalisa gaya nya ada gk?
gambarnya jg g ada gan?
BalasHapusanalisa gaya nya ada gk?
analisanya mana gan
BalasHapus