Selasa, 31 Mei 2011

PERANCANGAN KOPLING TETAP JENIS FLENS

Perencanaan kopling tetap jenis flens :
1.         Daya yang akan ditransmisikan, P ( kW ) putaran poros penggerak,  ( rpm )
2.         faktor koreksi, ( fc ) Daya :

 Daya yang akan ditransmisikan
       fc
Daya rata-rata yang diperlukan
1,2 – 2,0
Daya maksimum yang diperlukan
0,8 – 1,2
Daya normal
1,0 – 1,5

3.         Daya rencana, Pd ( kW )
Pd = fc x P
4.         Momen rencana, T ( kg.mm )
5.         Bahan poros  S 20 C
-           Kekuatan tarik bahan poros,
-           Apakah ada tangga atau alur pasak
-           Faktor keamanan,  dan 
6.         Tegangan geser poros yang diijinkan,  ( kg/ )
7.         Faktor koreksi untuk puntiran , Faktor koreksi untuk lenturan ( Cb )
                    Faktor Pembebanan
Beban dikenakan secara halus
1,0
Terjadi sedikit kejutan / tumbukan
1,0 – 1,5
Beban dikenakan kejutan / tumbukan besar
1,5 -3,0

Terjadi pembebanan lentur                  Cb = 1.2 – 2.3
Tidak terjadi pembebanan lentur        Cb = 1.0
8.         Diameter poros, ds ( mm )
9.         Gaya Tangensial, F ( kg )
10.       Diameter luar kopling flens, A ( mm )
            Diameter naff ( bos ), C ( mm )
            Panjang naff, L ( mm )
            Diameter pusat baut, B ( mm )
            Diameter baut, a ( mm )
            Jumlah baut, n
            Tabel Ukuran Kopling Flens :
ds Mak
ds Min
   A
   C
   L
  B
   a
   n
F kasar
F halus
63
50
224
112
80
160
16
6
18
22,4
71
56
250
125
90
180
20
6
23,6
28
80
63
280
140
100
200
20
6
23,6
28
90
71
315
160
112
236
25
8
26,5
35,5
100
80
355
180
125
265
25
8
26,5
35,5

11.       Nilai efektif baut, ne  = 0.5
            Biasanya dalam perhitungan dianggap bahwa hanya 50% saja dari seluruh
baut yang berjumlah n buah menerima seluruh beban secara merata.
Jumlah baut efektif, ne :
ne = ε x n
12.       Tegangan geser baut,  ( kg/ )



13.       Bahan baut  SS 41 B
-           Kekuatan tarik bahan poros,   dari tabel
-           Faktor keamanan,   = 5 - 6
-           Faktor koreksi,  = 1,5 – 3
14.       Tegangan geser baut yang diijinkan,  ( kg/ )
15.             8
                                                                      16
                                    12 : 14
                                    12  balik lanjut ke 16
                                    12  tidak baik kembali ke 8





16.       Bahan Flens
-           Tebal flens, F  ( mm ) dari tabel
-           Kekuatan tarik bahan poros,  ) dari tabel
-           Faktor keamana = 5 - 6
-           Faktor koreksi,  = 2 - 3
17.       Tegangan geser yang diijinkan untuk flens,  
18. Tegangan geser yang diijinkan untuk flens,  
19.      15
                                                                      20
20. Diameter luar kopling flens, A ( mm )
      Diameter poros, ds ( mm )
      Diameter baut, n ( mm )
      Jumlah baut = ............?
      Bahan flens =..............?
Tabel pemilihan bahan Baut dan Flens untuk kopling tetap
 Jenis Bahan
 Lambang
 

Besi Cor
Kelabu
FC-20
FC-25
FC-30
FC-35
 20
25
30
35




Baja Karbon
Cor
SC-37
SC-42
SC-46
 SC-49 
 37
42
46
49




Baja Karbon
Tempa
SF-50
SF-55
SF-60
50-60
55-65
 60-70 




Jenis Bahan 
 Lambang
 

Besi karbon untuk kontruksi mesin
S20C
S30C
S40C
S45C
40
50
60
70 




Baja Karbon untuk kontruksi biasa
SS41B
SS50B
40
50





Baja Karbon difinish dingin
S20C-D
S35C-D
50
60






6 komentar: